Hati Kudus Yesus

Doa Harian Bersama Santo Santa dan doa doa Katolik

Senin, 09 Juli 2018

Bersyukur Kepada Tuhan Untuk Segalanya

Bersyukur kepada Tuhan untuk segalanya

Bersyukur berarti menerima kenyataan hidup. Artinya segala kekurangan, kelebihan yang didapat atau diperoleh, kita kembalikan kepada Sang pemberi kehidupan. Dengan demikian kita semakin dituntut untuk terus memahami keutuhan diri dengan segala perjuangan yang dijalani.

Terlepas dari berhasil atau tidaknya perjuangan itu. Dan disinilah kita menemukan sebuah peneguhan tak terbatas serta memaknai Karya Tuhan dalam hidup kita. Alkitab Mzm 107 Ayat 21. Biarlah mereka bersyukur kepada TUHAN karena kasih setia-Nya, karena perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib terhadap anak-anak manusia.

Beberapa hal yang didapat ketika tak jemu-jemunya untuk mengucap syukur:

Pengakuan diri
Dengan bersyukur kita semakin dalam memahami dan memaknai, keberhasilan dan kegagalan yang ditemukan. Dalam prosesnya lambat laun, kita mengakui siapa diri kita Dengan segala kelemahan dan kekurangan yang kita miliki. Mzm 107 Ayat 22. Biarlah mereka mempersembahkan korban syukur, dan menceritakan pekerjaan-pekerjaan-Nya dengan sorak-sorai!

Bersyukur adalah pengangkatan jiwa
Pengangkatan jiwa dihadapan Tuhan, berarti kita mengakui diri sebagai seorang yang lemah dan tak berdaya. Dengan demikian kerendahan hati melingkupi kita dihadapan Tuhan.

Bersyukur adalah awal yang tiada akhir
Hari ini kita bersyukur atas kesuksesan yang diraih hari kemarin. Dan minggu ini kita bersyukur segala kegagalan yang diperoleh pada minggu lalu. Inilah kesempatan kita untuk merenung apa yang kurang dan apa yang lebih, yang kurang kita syukuri sambil terus berusaha untuk menemukan solusi. Dan yang lebih, kita syukuri sambil terus mengasah agar mendapatkan yang lebih baik. Dengan bersyukur berarti kita memperbaharui diri dari segala sesuatunya. Alkitab Yoh 3:7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.

Dari tiga hal ini, kita dapat memahami dan menemukan jalan hidup yang adalah pemberian Tuhan. Dengan demikian bersyukur kepada Tuhan mengambil semua kenyataan yang ada dalam hidup kita sehari-hari, untuk kemudian diolah kembali seturut kemampuan yang kita miliki dalam tuntunan dan bimbingan-Nya.

Kutipan Kitab Suci tentang bersyukur

Semoga kutipan Ayat Alkitab berikut dapat menguatkan kita serta membangkitkan semangat iman, untuk tak hentinya memuji dan mengucap syukur pada-Nya.

1tes 5:17-18. Tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

1taw 16:34. Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

Kol 3:15. Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

Kol 3:17. Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Ef 2:8. Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,

Flp 4:6. Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

Mzm 20:4. Kiranya diberikan-Nya kepadamu apa yang kaukehendaki dan dijadikan-Nya berhasil apa yang kaurancangkan.

2kor 4:15-16. Sebab semuanya itu terjadi oleh karena kamu, supaya kasih karunia, yang semakin besar berhubung dengan semakin banyaknya orang yang menjadi percaya, menyebabkan semakin melimpahnya ucapan syukur bagi kemuliaan Allah. Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

Yoh 14:1. "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

Mzm 28:7. Tuhan adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.

1 komentar: