Hati Kudus Yesus

Doa Harian Bersama Santo Santa dan doa doa Katolik

Jumat, 20 April 2018

Doa Novena

Novena berasal dari bahasa latin “novenus” (ke-sembilan) yang mana ini merupakan angka oridinal dari “novem” yaitu; sembilan. Dalam Gereja Katolik novena merupakan sebuah devosi dari doa-doa yang biasa diucapkan biasanya, selama sembilan hari berturut-turut.

Novena adalah doa peribadi atau doa yang dapat didaraskan secara bersama-sama selama sembilan hari berturut-turut. Untuk mendapatkan rahmat khusus atau menyampaikan suatu permohonan khusus. Dari definisi ini, novena menyiratkan adanya kepentingan mendesak atau dalam keadaan tertentu misalnya; dalam keadaan sulit, dengan berdoa novena sekiranya kita dapat menemukan jalan keluar.

Sulit untuk ditentukan secara tepat asal mula Doa Novena yang merupakan bagian dari harta Rohani Gereja Katolik. Dalam Kitab Suci perjanjian lama tidak tercatat adanya perayaan selama sembilan hari di kalangan bangsa yahudi. Namun sebaliknya, dalam Kitab Suci perjanjian baru pada peristiwa kenaikan Yesus Kristus, Tuhan memberikan perutusan Agung kepada para Rasul dan kemudian menyuruh mereka untuk kembali ke Yerusalem dan menunggu datangnya Roh Kudus.

Dalam Kisah Para Rasul dicatat
Maka kembalilah rasul-rasul itu ke Yerusalem dari bukit yang disebut bukit Zaitun, yang hanya seperjalanan Sabat jauhnya dari Yerusalem. Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama (Kis 1:12,14).

Sembilan hari sesudahnya, Roh Kudus turun atas Para Rasul pada hari Pentakosta. Kemungkinan periode doa sembilan hari yang didaraskan oleh Para Rasul inilah yang menjadi dasar dari Doa Novena.

Pada abad pertengahan, terutama di Spanyol dan Perancis, doa novena biasa dipanjatkan selama sembilan hari menjelang hari raya kelahiran Tuhan Kita Yesus Kristus. Melambakan sembilan bulan yang dilalui oleh Juru Selamat kita dalam kandungan Ibu-Nya Santa Perawan Maria. Novena yang dipanjatkan, membantu umat beriman mempersiapkan diri dalam merayakan hari Kelahiran Juru selamat kita. Seiring berjalannya waktu berbagai Doa Novena disusun untuk membantu umat beriman mempersiapkan diri menyambut suatu pesta istimewa atau memohon pertolongan pada orang Kudus dalam suatu masalah tertentu.

Ada pun beberapa Doa Novena populer yang secara luas biasa didaraskan di Gereja kita adalah Novena medali wasiat, novena hati kudus Yesus, novena Roh Kudus, Novena Santo Yosef, Novena Santo Yudas Tadeus dan juga doa-doa novena yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar